Rabu, 01 Juli 2009

Apllication in Psychology_part.12

12. Therapy

Ada pengalaman seru yang telah saya terapkan kepada teman saya sendiri. Ketika dia sedang mengalami masalah yang cukup rumit dalam hidupnya, dan dia tidak berani untuk share kepada yang lain, one of them is me. Maka, saya mencoba mengajak dia bermalam dirumah saya.

Bagusnya, ditempat saya ada sebuah sofa yang comfort bila merebahkan diri disana. Kemudian, saya teringat dengan teori Sigmund Freud tentang psikoanalisa-nya dengan cara Free Association, dimana seseorang yang datang dengan kepenatannya, akan merasa comfort dan kemudian dalam alam ketidaksadarannya dia mulai sharing atas apa yang sedang ia rasakan atau dia alami pada saat dia berada di sebuah sofa (ilustrasinya kurang lebih seperti itu). Apa benar saya mendapatkan “jawabannya”. Yupss, exactly. I got it.....

Kejadian ini membuat saya tesenyum puas. Tiga hal yang telah saya dapati dari pengalaman tersebut. Pertama, saya berhasil menerapkan sendiri teori psikoanalisa-nya Sigmund Freud tersebut. Kedua, saya merasa lega karena teman saya menjadi “lega” telah berhasil mengungkapkan perasaan buruknya (meski tanpa dia sadari, hehehe....:). Dan yang ketiga, saya dapat membantu dia dalam coping stress-nya. A nice experience for me......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar