Rabu, 01 Juli 2009

Apllication in Psychology_part.3

3. Motivation


Ketika berbicara tentang hal-hal seru dan misterius dalam hidup, saya langsung teringat dengan apa-apa saja yang telah saya lakukan untuk hidup saya. Saya ingin ini..... saya ingin itu.... mungkin terlalu banyak hal yang saya inginkan. Sampai terkadang membuat saya sulit tidur nyenyak (by the way, bukannya itu karena banyak nyamuk ya.. hehehehe... just kidding).

Tapi, memang tidak dapat dipungkiri bahwa yang namanya “keinginan” itu sangat mengganggu pikiran kita jika belum terwujud. Agree? Hanya saja, tinggal kita berniat atau tidak untuk mewujudkannya. Sebut saja, keinginan saya memiliki mobil Honda Jazz. Wach, keinginan yang satu ini, memotivasi saya untuk serius mencapainya. Bukan karena orang lain, tapi karena kepuasan bathin diri sendiri. Mungkin bagi sebagian orang sangat biasa dan mudah untuk mendapatkannya. Tapi, bagi saya, memiliki mobil Honda Jazz, its cool.

Motivasi atau dorongan kuat (driving state) seperti teorinya Clark Hull tentang Drive Theories (Push theories of motivation) yang menimbulkan tingkah laku kita menuju ke arah tujuan. Sehingga dengan tercapainya tujuan yang diinginkan, akan di dapati kepuasan dan kondisi tenang bagi diri yang menginginkannya. Dengan keinginan memiliki mobil Honda Jazz, saya harus mempunyai tingkah laku serius menabung serta berbuat hal-hal lainnya agar tujuan memiliki mobil Honda Jazz segera dicapai. Amin…. God, let it come true….. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar