Rabu, 01 Juli 2009

Apllication in Psychology_part.4

4. Aggression


Pernahkah ketika setelah kita menonton sebuah film, salah satu karakter pemeran yang ada didalam film tersebut seakan-akan “Gue banget”….? Yupss, seperti pengalaman saya menonton film “Pretty Woman” yang dibintangi oleh artist cantik Hollywood Julia Roberts dan si “charming” Richard Gere. Sampai sekarang, film tersebut masih terus mempunyai kenangan manis bagi saya. Dan saya baru menyadarinya, terkadang saya sering meniru karakter Vivian (nama Julia Roberts dalam film Pretty Woman). Seperti, style pembawaan dirinya, cara bicara dan bertanyanya, tertawanya, sampai marahnya. Karakter Vivian seakan-akan menghipnotis dan mampu membentuk karakter saya seperti dia. Jujur, saya sangat menyukai karakter yang diperankannya.

Saya jadi ingat dengan Social Learning Theory milik Bandura, mungkin cocok juga bila dikaitkan dengan theory ini. Dimana agresi seseorang dapat terbentuk melalui imitasi atau modeling. Bagi saya, salah satunya adalah dengan menonton film tersebut.

Tepat bukan? Seolah-olah proses mental agresi yang terjadi pada diri saya dapat dilakukan. Saya merasakan karakter Vivian menjadi terbawa dalam kehidupan nyata saya. Terkadang saya sering tersenyum sendiri jika mereview diri, hmmm…. betapa kuatnya dampak film Pretty Woman terhadap agresi saya ya…. Especially Vivian’s character. But, it’s fine for me…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar