Rabu, 01 Juli 2009

Apllication in Psychology_part.5

5. Frustration and Conflict


Terkadang dalam hidup ini ada saja yang membuat kita merasa tidak puas, tidak berguna, kurang mampu, belum ada kesempatan ataupun tidak ada orang yang mencintai kita dengan tulus. So, apa yang terjadi? Frustasi? Mungkin!

Frustrasi adalah terhalangnya tingkah laku yang terarah menuju pada keinginan (goal) yang kita harapkan. Contohnya tentang saya yang saat ini sedang frustasi karena banyak hal yang ingin dikerjakan dengan sebaiknya, tapi belum bisa karena ada faktor tertentu yang membuat saya tidak bisa melakukannya. Sehingga banyak hal yang ter-pending. Jika ingat hal-hal tersebut, membuat saya “sesak” dan frustasi.

Tiga kegiatan sekaligus membuat saya kadang frustasi memikirkannya. Contohnya saja untuk Sabtu ini, saya harus mengalami konflik bathin. Dalam waktu yang bersamaan, saya diberi dua pilihan apakah saya akan menghadiri Pesta Don Bosco atau mengikuti UAS (Ujian Akhir Semester) Psikologi. Wach keduanya sangat berarti bagi saya. Meski ujian kali ini sangat membebani saya.

Hal ini seperti pembahasan psikologi, bahwa saya sedang mengalami konflik yang terjadi antara dua hal tersebut. Beda kasus, tetapi sama pentingnya bagi saya. pilihan tersebut hadir pada saat yang bersamaan. Dalam istilah psikologi disebut dengan Multiple Approach – Avoidance Conflict. Saat menghadapi konflik seperti ini, maka saya hadapi dengan cara dominansi. Hal mana yang lebih dominan dan penting bagi saya. Maka saya prepare untuk hal tersebut. Semoga saya get nice point.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar