Rabu, 01 Juli 2009

Apllication in Psychology_part.10

10. Personality


Inner qualities yang didefinisikan oleh Gordon Allport lebih menekankan pada kepribadian merupakan organisasi dalam diri individu yang bersifat dinamis, dan membentuk diri menjadi unik dan beridentitas. And I agree with his statement.

Saya baru sadar, ketika diri saya mampu menjadi “tempat curhat” bagi orang-orang yang ingin kelegaan. Mereka menceritakan kesedihan, kebahagiaan, kekecewaan, dll. Terkadang, mengapa mereka begitu comfort dengan saya ya? Ada cerita untuk itu.

Waktu SMA, saya memiliki teman sebangku yang cantik dan pintar, meski kepribadiannya kurang cocok dengan saya. Sampai akhirnya saya meneliti, apakah ada hal lain yang lebih dari kedua faktor itu. Saya terus memperhatikan tingkah laku teman-teman saya. Dan saya terus berpikir, dimana iner beauty itu?

Actually, ada hal yang jauh lebih penting dari sekedar cantik atau pintar. Dan saya telah mendapatkan jawabannya. Yaitu, saya berhasil membuat teman-teman sekitar comfort dengan saya. Sampai satu malam, saya sharing tentang hal tersebut kepada ibu. Dan apa kata beliau? “Ada hal yang tidak hanya diukur dari kecantikan dan kepintaran, satu hal yang jauh lebih penting dan terus akan membawa kamu pada kedamaian hidup, maka itu adalah kepribadian kamu sendiri. Dan ibu rasa kamu sudah bisa membawa diri kamu nyaman untuk orang lain, telebih diri kamu sendiri…” jawab ibu dengan senyum terindahnya. God bless you, mom….. That’s cool.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar