Rabu, 01 Juli 2009

Apllication in Psychology_part.11

11. Abnormal


Wacana tentang “Abnormal”, entah kenapa saya teringat pada salah satu anak magang yang saya handle. Dia hanya diberi kesempatan 3 bulan saja untuk magang di tempat kerja yang telah ditentukan. Karena apa? Yach, orang-orang yang ada dikantor tersebut menganggap dia kurang bersikap normal seperti yang lainnya. Mereka sering melihat anak tersebut berbicara sendiri, berhalusinasi yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Dan hal tersebut sering dia lakukan pada saat jam kerja.

Sampai suatu saat, saya mengadakan konseling untuknya. Saya meminta dia untuk bercerita tentang dirinya, keluarganya, hingga masa kecilnya. Dan saya mendapatkan jawaban atas keabnormalannya. Menurut ceritanya, ketika SD, dia pernah mengalami kecelakaan jatuh tergelincir hingga bagian kepalanya terbentur batu besar. Peristiwa tersebut membuat dia tidak sadar selama 2 hari. Dan hal tersebut tidak diperhatikan seiring berjalannya waktu hingga dia lulus SMA sampai mengikuti proses permagangan yang saya handle.

Saya dapat menyimpulkan berdasarkan Sistem Klasifikasi Tradisional bahwa Brain Syndromes yang dia miliki disebabkan karena kerusakan jaringan pada otak akibat kecelakaan jatuh pada saat SD. Gangguan tersebut dapat menjadi temporer atau dapat pulih kembali dalam jangka waktu lama asalkan ada pihak pendukung yang menangani hal tersebut baik secara medis atau psikis. Saya akan coba follow up lagi perkembangan dia sekarang…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar